Materi Pelajaran Taman Kanak Kanak

Materi Pelajaran Taman Kanak Kanak – Sebagai dasar perkembangan anak, pendidikan anak usia dini atau PAUD amatlah penting. Sebelum ia memasuki jenjang Taman Kanak-Kanak (TK), pendidikan tak hanya menjadi tanggung jawab sekolah (preschool atau kelompok bermain), namun orang tua juga harus berperan aktif dalam mendidik dan memantau perkembangannya. Meskipun anak usia dini, yakni sekitar usia 2-5 tahun lebih suka belajar dengan cara bermain namun tetap saja ada beberapa konsep utama yang perlu diajarkan kepada anak sesuai dengan usia perkembangannya.

Penting untuk disadari bahwa standar pendidikan berbeda di setiap daerah, dan tidak ada anak yang belajar dengan kecepatan yang sama. Moms dapat membantu Si Kecil berkembang di sekolahnya dengan membangun kepercayaan diri dan akan menanamkan kecintaan belajar.

Meski masih dalam proses bermain sambil belajar, akan ada beberapa poin penting yang akan dipelajari oleh anak. Antara proses belajar, kebutuhan pemenuhan perkembangan anak serta kondisi yang menyenangkan untuk belajar harus berjalan beriringan.

Lalu, apa sajakah yang dipelajari anak PAUD di sekolahnya? Apakah anda sebagai orang tua juga bisa mengajarkannya di rumah? Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut kami rangkum beberapa informasi penting berbagai jenis pelajaran yang akan diterima anak di PAUD

Materi Pelajaran Taman Kanak Kanak

Sebelum membahas tentang materi pelajatan taman kanak kanak, kita coba bahas dulu tentang apa sih yang dimaksud dengan taman kanak kanak

Pengertian Taman Kanak-Kanak

Taman Kanak-kanak atau yang biasa disingkat sebagai TK adalah jenis pendidikan untuk anak-anak yang berusia dini agar nantinya bisa menerima pengajaran di tingkat pendidikan lanjutan.

Bahkan status pendidikan TK telah ditetapkan dalam suatu Undang-Undang kependidikan. Yaitu pada UU Sistem Pendidikan Nasional (2003) yang menyatakan jika pendidikan anak usia dini adalah pendidikan berbentuk formal.

Dengan demikian, telah sah nyatanya jika TK / RA adalah PAUD (pendidikan anak usia dini) yang sah statusnya sebagai institusi formal.

Pendidikan yang satu ini dikenal sebagai jenis pendidikan yang biasanya diambil oleh orangtua agar nantinya anak mereka lebih siap untuk menjalani pendidikan di Sekolah Dasar (SD). Di ranah pendidikan Taman Kanak-Kanak, anak-anak yang menjalani pendidikan tersebut diberikan berbagai pelajaran dasar yang seringkali disampaikan dengan materi yang interaktif. (Gramedia.com)

Materi Pelajaran Anak TK

Beberapa dari masyarakat menganggap TK sama dengan kelompok bermain, padahal nyatanya pelajaran anak TK tidak sama dengan kelompok belajar / bermain tersebut. Hal ini dikarenakan UU Sistem Pendidikan Nasional tahun 2003 menyatakan jika kelompok bermain adalah versi nonformal dari pendidikan TK.

Namun begitu pendidikan formal anak melalui TK nyatanya memang masih “dibebaskan”, dalam arti lain kurikulum pendidikannya masih belum terlalu ketat. Bredecamp (1997) menyatakan jika kurikulum pendidikan TK sangat disesuaikan dengan karakter anak yang masih suka bersenang-senang.

Kurikulum pelajaran anak TK pun selalu mengalami perkembangan dari tahun ke tahun, Karena pada dasarnya aspek pendidikan serta bermain yang menjadi sarana pekembangan kognitif anak harus seimbang. Sedangkan menurut deVries (2002), bermain adalah salah satu sarana mengembangkan pola pikir anak.

Pada dasarnya pelajaran anak TK terdiri dari

Membaca

Saat selesai belajar di TK, anak akan mengenali, memberi nama, dan menulis semua 26 huruf alfabet baik huruf besar maupun kecil. Mereka akan mengetahui bunyi yang benar dari setiap huruf, dan juga akan dapat membaca sekitar 30 kata.

Anak juga belajar melalui pengulangan, jadi bacalah buku favorit yang sama berulang kali, ajukan pertanyaan, dan dorong anak untuk mengucapkan kata-kata sederhana dengan lantang.

Menulis

Pelajaran anak TK lainnya setelah mengenal huruf dan membaca juga menulisnya. Di kelas, siswa TK akan diajarkan cara menulis kata-kata seperti konsonan, vokal, konsonan sederhana, seperti topi, merah, dan anjing.

Mereka juga akan menulis kalimat singkat dan sederhana seperti ‘Kucing berlari pulang’. Sebab, menulis juga akan melancarkan anak dalam membaca, karena dia akan membaca terlebih dahulu kemudian menuliskannya yang akan membantu melancarkan proses belajar menulisnya.

Menghitung

Pelajaran anak TK juga termasuk akan belajar mengenal, menulis, menyusun, dan menghitung benda hingga bilangan 30. Mereka juga akan menambah dan mengurangi bilangan kecil. Fokus pada penjumlahan dan pengurangan ini akan berlanjut hingga kelas dua SD.

Untuk membantunya belajar di rumah, Moms bisa membantu Si Kecil mencari nomor satu sampai 30 di majalah dan surat kabar, misalnya. Dia bisa memotongnya, merekatkannya di atas kertas, dan menaruhnya dalam urutan numerik.

Aktivitas Merangsang Motorik halus seperti belajar mewarnai

Anak-anak akan belajar bagaimana memberi nama dan mendeskripsikan bentuk umum seperti lingkaran, persegi, segitiga, persegi panjang.

Pada akhir tahun pelajaran anak TK, anak akan dapat mengidentifikasi, mengurutkan, dan mengklasifikasikan objek berdasarkan warna, ukuran, dan bentuk.

Mengenal Waktu dan Musim

Untuk pelajaran anak TK pada usia ini, anak-anak mulai memahami konsep dasar waktu dan musim. Mereka dapat mengidentifikasi waktu hingga jam terdekat. Misalnya, mereka berangkat ke sekolah pada pukul 7:00 dan makan malam pada pukul 18:00.

Namun, perlu dicatat bahwa masih sulit bagi mereka untuk memahami sepenuhnya konsep waktu karena mereka adalah pemikir konkret dan waktu itu abstrak. Untuk mengulangi konsep waktu, teruslah membaca jam saat melakukan aktivitas rutin di rumah.

Pengetahuan umum

Sains adalah tentang mulai memahami dunia di sekitar mereka. Anak-anak belajar tentang tumbuhan, hewan, kebiasaan kesehatan yang baik, cuaca dan memantau cuaca, dan tentang panca indera dan dasar-dasar tubuh mereka dan belajar untuk mencintai dan memahaminya.

Guru akan melakukan eksperimen sains sederhana di kelas. Anak-anak TK dapat mengingat lebih banyak informasi dan sekarang dapat menggunakannya untuk menghubungkan berbagai hal dan mengelompokkan berbagai hal. Salah satunya dengan praktek sains yang dilakukan di sekolah itu.

Demikian pembahasan tentang materi pelajaran taman kanak kanak (TK) semoga bermanfaat.

Referensi :

  • https://www.gramedia.com/best-seller/pelajaran-anak-tk/
  • https://www.orami.co.id/magazine/pelajaran-anak-tk
  • https://bpkpenabur.or.id/news/blog/beragam-jenis-pelajaran-yang-akan-diterima-anak-di-paud