kerajaan bercorak islam di indonesia

perhatikan pernyataan berikut !
1. kerajaan sriwijaya
2. kerajaan singasari
3. kerajaan majapahit
4. kerajaan samudra pasai
5. kerajaan demak

yang termasuk kerajaan bercorak islam di indonesia adalah…

Jawaban

Jawaban yang tepat untuk pertanyaan diatas yaitu Kerajaan Samudera Pasai dan Kerajaan Demak

Awal mula masuknya Islam di Indonesia bermula dari maraknya perdagangan di Nusantara. Hal ini dikarenakan wilayah Indonesia dilintasi oleh berbagai pedagang dari penjuru negeri pada masa perdagangan kala itu terutama pedagang dari Arab, India, Persia dan China.

Pedagang dari Timur Tengah seperti dari Arab dan Persia adalah pedagang yang aktif menyebarkan agama Islam di Indonesia. Pada masa penyebaran agama Islam di Nusantara inilah mulai muncul beberapa kerajaan bercorak Islam di Nusantara yang sangat berpengaruh terhadap penyebaran dan perkembangan Islam di Indonesia yaitu salah satunya adalah kerajaan Samudera Pasai dan kerajaan Demak. Berikut penjelasannya:

– Kerajaan Samudera Pasai

Kerajaan Samudera Pasai terletak di Aceh yang merupakan kerajaan Islam pertama di Indonesia. Samudera pasai didirikan oleh Meurah Silu pada 1267 M.

Bukti sejarah dari kerajaan ini terlihat pada tulisan atau inskripsi di nisan makan Sultan Malik As-Saleh, berita dari Marcopolo dan Ibnu Batutah, serta kronika raja Pasai. Kerajaan ini dibangun oleh Marah Silu yang berhasil menyatukan Samudra dan Pasai.

– Kerajaan Demak

Selanjutnya Kerajaan Demak merupakan kerajaan Islam pertama di tanah Jawa, lepatnya di daerah bernama Bintoro yaitu daerah bawahan Majapahit. Pendiri Kerajaan Demak adalah Raden Patah. Raden Patah adalah putra Raja Majapahit dan istrinya yang berasal dari China dan menjadi mualaf.

Kerajaan Demak menjadi pusat penyebaran agama Islam di bawah kepemimpinan Raden Patah dengan adanya peran Wali Songo. Periode kepemimpinan Raden Patah adalah fase awal semakin berkembangnya ajaran Islam di Jawa.

Dengan demikian yang termasuk kerajaan bercorak Islam di Indonesia adalah Kerajaan Samudera Pasai dan Kerajaan Demak

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :