Jelaskan kemajuan IPTEK pada masa Orde Baru!

Jelaskan kemajuan IPTEK pada masa Orde Baru!

Jawaban

Pada awal tahun 1970-an kemajuan IPTEK mengalami peningkatan yang didukung pemerintah karena faktor-faktor perkembangan ekonomi, perluasan pertanian, dan perubahan sosial budaya. Pada tanggal 6 Maret 1962 dibentuknya DURENAS (Departement Urusan Riset Nasional) yang kemudian berganti nama menjadi Departement Riset Nasional (DRN) yang bertugas untuk merumuskan, mengamati, mengarahkan, dan mengendalikan kegiatan riset dan teknologi di Indonesia.

Pada tanggal 23 Agustus1967 pemerintah mendirikan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sebagai fusi dari DRN dan MIPI. Pada masa Orde Baru, Indonesia berhasil memiliki Sistem Komunikasi Satelit Domestik (SKSD) Palapa. Pada teknologi televisi, pada tahun 1989, pemerintah mengizinkan kehadiran televisi swasta sehingga bermunculan TV swasta seperti RCTI, SCTV, TPI, ANTV, Indosiar dan sebagainya.

Pada teknologi sarana perhubungan darat yang diupayakan adalah pemeliharaan jalan raya yang sudah ada, membangun jalan tol dan jalan layang, pembangunan rel kereta api, dan penggandaan kereta api yang lebih modern.

Dengan demikian, pada masa Orde Baru perkembangan IPTEK berkembang secara pesat, Orde Baru dikenal sebagai era pembangunan Indonesia. Pada masa Orde Baru Indonesia berhasil memiliki satelit, banyaknya stasiun televisi yang muncul, dan pembangunan sarana penghubung darat yang maju.

lebih lanjut untuk membahasa kemajuan IPTEK pada masa order baru.

 

Pertanyaan Lain :

Tranding :  Fungsi dari panitia yang dibentuk setelah dekuritsu junbi cosakai adalah untuk mengesahkan piagam jakarta yang kemudian digunakan sebagai

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :