pada awalnya monopoli dagang voc hanya menguasai bidang perdagangan namun dalaam perkembangannya juga menguasai bidang politik dan pemerintahan, hal ini semua disebabkan

Monopoli adalah penguasaan pasar yang dilakukan oleh satu atau sedikit perusahaan. bagi pelaku perusahaan monopoli sangat menguntungkan karena mereka dapat menentukan harga jual dan harga beli. pada awalnya monopoli dagang voc hanya menguasai bidang perdagangan namun dalaam perkembangannya juga menguasai bidang politik dan pemerintahan, hal ini semua disebabkan belanda memaksa kerajaan-kerajaan di indonesia untuk menandatangani kontrak monopoli dengan berbagai cara yang licik diantaranya ….

Jawaban

Jawabannya adalah menerapkan politik adu domba (devide et impera).

Strategi Belanda yang paling berhasil dalam menghadapi perlawanan dari kerajaan-kerajaan di Indonesia yaitu dengan melakukan politik adu domba atau devide et impera. Contoh politik devide et impera adalah saat Perang Makassar. Belanda menaklukkan Kesultanan Gowa dan kota Makassar dengan cara menciptakan perang saudara atau perang antar kerajaan.

Akibat dari adu domba tersebut, posisi kerajaan melemah sampai terbagi menjadi empat. Perang Saparua, Perang Padri, Perang Diponegoro atau Perang Jawa, Perang Aceh, Perang Banjar, dan Perang Jagaraga juga merupakan contoh politik devide et impera yang diterapkan di Indonesia.

Jadi, jawabannya adalah menerapkan politik adu domba (devide et impera).

 

Pertanyaan Lain :

Tranding :  sikap ternate memperbolehkan portugis mendirikan benteng di wilayah kekuasaannya adalah dalam rangka

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :