Masa penjajahan telah mewariskan berbagai peninggalan, seperti sarana transportasi, sistem perundangan serta produk lainnya. sebagai generasi penerus, sikap bijaksana kita terhadap peninggalan tersebut adalah

Masa penjajahan telah mewariskan berbagai peninggalan, seperti sarana transportasi, sistem perundangan serta produk lainnya. sebagai generasi penerus, sikap bijaksana kita terhadap peninggalan tersebut adalah ….

Jawaban

Jawabannya adalah kita sebagai generasi penerus harus menghargai dan melestarikan peninggalan bersejarah.

Peninggalan masa lampau harus terus dilestarikan, karena dapat menambah kekayaan dan juga khasanah kebudayaan bangsa Indonesia. Contohnya adalah Benteng Vredeburg di Yogyakarta dan Museum Kereta Api di Ambarawa. Upaya untuk menjaga peninggalan bersejarah agar tetap lestari antara lain:

  1. Melestarikan benda bersejarah agar tidak rusak, baik oleh faktor alam maupun perbuatan manusia, misalnya tidak mencoret-coret benda peninggalan bersejarah.
  2. Menjaga kebersihan dan keindahan tempat bersejarah.
  3. Menaati tata tertib yang ada di setiap tempat peninggalan bersejarah.
  4. Tidak memperjual belikan benda bersejarah karena merupakan perbuatan ilegal.
  5. Mempelajari sejarah dari benda peninggalan tersebut. Dengan mempelajari latar belakangnya, maka akan tumbuh rasa memiliki dan menghargai sejarah tersebut.

Jadi, jawabannya adalah kita sebagai generasi penerus harus menghargai dan melestarikan peninggalan bersejarah.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :