Pelabuhan penting di pulau jawa yang kemudian menjadi markas voc yaitu

Pelabuhan penting di pulau jawa yang kemudian menjadi markas voc yaitu ….

Jawaban

Jawaban yang benar adalah Jayakarta.

Pada tahun 1595,armada pelaut Cornelis de Houtman memimpin ekspedisi ke Indonesia,dan ditahun itu armadanya mengarungi ujung selatan daerah Afrika,kemudian menuju kearah timur dan melewati Samudra Hindia.Pada tahun 1596,Pelaut Belanda datang ke Banten melalui Selat Sunda yang dipimpin oleh Cornelis de Houtman.Pada saat itu Jayakarta merupakan sebuah pelabuhan penting di Pulau Jawa,yang kemudian berubah menjadi Markas VOC.

Dengan demikian, Pelabuhan penting di pulau jawa yang kemudian menjadi markas voc yaitu Jayakarta.

Pertanyaan Serupa :

Awal mula tujuan jepang menguasai indonesia adalah untuk kepentingan ekonomi dan politik. berkaitan dengan kepentingan ekonomi, karena jepang merupakan negara industri maju dan besar sehingga menginginkan bahan baku yang tersedia banyak di indonesia. selain itu indonesia dijadikan daeah pemasaran industri yang strategis untuk menghadapi persaingan dengan negara-negara barat. untuk mewujudkan ambisinya, setelah jepang menyerang pangkalan militer as di pearl harbour, jepang masuk ke negara-negara asia termasuk indonesia. jepang mendapatkan pasukannya di tarakan, pelembang, dan batavia. alasan jepang memilih tiga lokasi tersebut adalah ….

a. tiga lokasi tersebut merupaakan tempat yang strategis untuk mendapatkan pasukan jepaang untuk berperang
b. tiga lokasi tersebut merupakan daerah yang paling subur, sehingga jepang tidak kekurangan bahan makanan untuk perang
c. tiga lokasi tersebut merupakan basis tentara belanda, sehingga jepang bisa melumpuhkan belanda
d. tiga lokasi tersebut merupakan pusat perkembangan politik dan ekonomi masa kependudukan belanda

Jawaban

Jawabannya adalah A. tiga lokasi tersebut merupakan tempat yang strategis untuk mendapatkan pasukan Jepang untuk berperang.

Jepang mendarat pertama kali di Indonesia pada tanggal 11 Januari 1942 tepatnya di Tarakan, Kalimantan Timur. Kemudian disusul penguasaan atas Palembang dan Batavia. Tujuan utama Jepang datang ke Indonesia adalah untuk mendapatkan cadangan logistik dan bahan industri perang seperti minyak bumi, timah dan alumunium untuk menghadapi Perang Pasifik.

Dipilihnya lokasi tersebut juga karena lokasinya strategis dan dekat bagi kekuatan Jepang di Davao, Pulau Mindanao, Filipina Selatan. Dengan menguasai Tarakan juga berarti memutus jalur bantuan sekutu dari Australia ke kepulauan Filipina, tempat pasukan Amerika Serikat yang saat itu terdesak oleh Jepang.

Jadi, jawabannya adalah A. tiga lokasi tersebut merupakan tempat yang strategis untuk mendapatkan pasukan Jepang untuk berperang.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :