apa yang dimaksud dengan cungkup

apa yang dimaksud dengan cungkup

Jawaban

Jawaban yang benar adalah bangunan beratap yang dibangun di atas makam sebagai pelindung makam.

Cungkup merupakan jenis bangunan beratap yang dibangun di atas makam sebagai pelindung makam. Cungkup ini umumnya berupa bangunan yang berbentuk persegi dengan atap yang berguna untuk menaungi sesuatu, seperti makam, prasasti, papan nama, bedug, dan sebagainya.

Secara umum makam-makan Islam di Indonesia dapat ditandai dengan tiga hal yang saling berkaitan, yaitu kijing, nisan dan cungkup. Bangunan cungkup umumnya dibangun untuk makam orang-orang yang dihormati.

Dengan demikian, cungkup adalah bangunan beratap yang dibangun di atas makam sebagai pelindung makam.

Pertanyaan Serupa :

apa yang dimaksud dengan teori ksatria

Jawaban

Jawaban yang benar adalah teori masuknya agama Hindu-Budha ke Indonesia yang dibawa oleh golongan ksatria.

Salah satu teori masuknya agama Hindu-Budha ke Indonesia adalah teori ksatria. Teori ini dikemukakan oleh C C. Berg, Mookerji, dan J. C. Moens yang berpendapat bahwa kedatangan para ksatria ke Indonesia disebabkan oleh persoalan politik yang terus berlangsung di India, sehingga mengakibatkan beberapa pihak yang kalah dalam peperangan terdesak.

Para ksatria akhirnya mencari tempat lain sebagai pelarian, salah satunya adalah wilayah Indonesia yang kemudian para ksatria juga menyebarkan agama Hindu-Budha.

Dengan demikian, teori ksatria adalah penyebaran agama Hindu-Budha di Indonesia dilakukan oleh golongan ksatria dari India.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :