usahanya mencari daerah penghasil rempah-rempah yang dilakukan dengan berangkat berlayar menyusuri samodra atlantik dan menyusuri afrika barat di lakukan para penjelajah utusan dari negara

usahanya mencari daerah penghasil rempah-rempah yang dilakukan dengan berangkat berlayar menyusuri samodra atlantik dan menyusuri afrika barat di lakukan para penjelajah utusan dari negara…

Jawaban

Jawaban yang benar adalah ‘penjelajah yang menyusuri Samudra Atlantik dan menyusuri Afrika Barat merupakan utusan dari negara Portugis dan Spanyol.’

Soal menanyakan dari negara mana penjelajah yang menyusuri Samudra Atlantik dan menyusuri Afrika Barat.

Jawaban dapat diketahui dari penjelasan berikut:

Bangsa Barat yang pernah mendatangi Nusantara adalah Portugis, Spanyol, Inggris, dan Belanda. Pelopor dari pelayaran dan penjelajahan samudera Bangsa Portugis dan Bangsa Spanyol hal tersebut dikarenakan keduanya merupakan bangsa pertama yang melakukan penjelajahan samudera dan menemukan dunia baru dan membuka jalan menemukan wilayah nusantara sebagai penghasil rempah-rempah.

Ekspedisi pertama yaitu bernama ekspedisi Colombus oleh bangsa Spanyol dilanjutkan dengan ekspedisi Vasco de Gama oleh bangsa Portugis. Rute perjalanannya adalah sebagai berikut:

1. Rute pejelajahan samudra yang ditempuh oleh bangsa Portugis dimulai dari kota Lisabon (1486 dan 1497), menyusuri pantai barat Afrika, semenanjung Harapan, pantai timur Afrika berlayar kearah timur menuju ke Calicut (India) pada tahun 1498 masehi. Di India, Vasco da Gama mendirikan kantor dagang.

Kemudian pada tahun 1511 Alfonso d’Albuquerque yang menggantikan Vasco da Gama berhasil menguasai Selat Malaka. Setelah menguasai Malaka, bangsa Portugis melanjutkan pelayarannya kearah timur menuju Indonesia. Pada tahun 1512, mereka berhasil menanamkan pengaruhnya di Maluku.

2. Bangsa Spanyol dengan pelaut terkenalnya, yaitu Christophorus Columbus berangkat dari Lisbon berlayar ke arah barat menyeberangi samudra Atlantik. Pada tahun 1492, ia berhasil menemukan benua Amerika. Pada tahun 1519, pelayaran dilanjutkan oleh Ferdinand Magelhaens dan Juan Sebastian del Cano dengan menempuh rute yang pernah dilalui oleh Columbus.

Pada tahun 1521, mereka sampai dikepulauan Massava (sekarang Filipina). Setelah Ferdinand Magelhaens meninggal, pelayaran dilanjutkan oleh Juan Sebastian del Cano dari Filipina menuju arah selatan, maka sampailah dikepulauan Maluku tahun 1522.

Jadi jawaban yang benar adalah ‘penjelajah yang menyusuri Samudra Atlantik dan menyusuri Afrika Barat merupakan utusan dari negara Portugis dan Spanyol.’

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :