jelaskan prasasti tarumanegara

jelaskan prasasti tarumanegara

Jawaban

Jawaban yang benar adalah ‘Beberapa prasasti Tarumanegara yaitu Prasasti Ciaruteun, Prasasti Kebon Kopi, dan Prasasti Muara Cianteun.’

Soal menanyakan penjelasan prasasti Tarumanegara.

Jawabannya dapat ditemukan dengan penjelasan berikut:

Kerajaan Tarumanegara adalah kerajaan Hindhu tertua di Pulau Jawa. Kerajaan tersebut didirikan oleh Rajadirajaguru Jayasingawarman pada 358-382 Masehi, yang terletak di tepi Sungai Citarum. Berikut merupakan prasasti-prasasti peninggalan kerajaan Tarumanegara:

1. Prasasti Ciaruteun atau Prasasti Ciampea adalah prasasti yang terbuat dari sebuah batu alam, parasasti ini ditemukan di tepi Sungai Ciaruteun pada 1863 oleh peneliti asal Belanda. Prasasti Caruteun sampai sekarang masih tetap berada tempat pertama kali ditemukan yaitu di Desa Ciaruteun Ilir, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor.

Adapun salinannya bisa ditemukan di Museum Sejarah Jakarta. Prasasti Ciaruteun ditulis dengan aksara Pallawa, disusun dalam bentuk seloka, dengan menggunakan bahasa Sanskerta. Prasasti ini dilengkapi dengan beberapa gambar di antaranya sepasang telapak kaki, gambar umbi, sulur-suluran, dan laba-laba.

2. Prasasti Kebon Kopi atau Prasasti Tapak adalah prasasti peninggalan Kerajaan Tarumanegara yang ditemukan di daerah Kampung Muara (sekarang: Desa Ciaruteun Ilir, Cibungbulang, Bogor) oleh para penebang hutan pada abad ke-19 ketika mereka akan membuka lahan untuk membudidayakan tanaman kopi.

Sampai sekarang, prasasti Kebon Kopi masih tetap berada pada tempat pertama kali ditemukan. Prasasti yang terbuat dari batu alam ini dipahatkan di bidang perbukaan batu besar bertuliskan aksara Palawa dan bahasa Sansekerta dalam bentuk seloka dan diapit sepasang pahatan telapak kaki gajah.

3. Prasasti Muara Cianteun atau Prasasti Pasir Muara adalah prasasti peninggalan Kerajaan Tarumanegara yang ditemukan oleh N.W. Hoepermans pada tahun 1864. Prasasti ini ditemukan di Pasir Muara di persawahan, tepi sungai Cisadane yang berdekatan dengan Muara Cianten. Prasasti ini berisi tentang pemerintahan negara telah dikembalikan ke Kerajaan Sunda pada tahun 854 M.

Tranding :  nekara kecil peninggalan budaya zaman logam yang ditemukan di

Dari penjelasan tersebut diketahui bahwa ‘Beberapa prasasti Tarumanegara yaitu Prasasti Ciaruteun, Prasasti Kebon Kopi, dan Prasasti Muara Cianteun.’

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :