tonggak kehidupan budaya masyakarat sriwijaya yang sangat dibanggakan adalah pada saat sriwijaya menjadi pusat pengajaran ajaran

tonggak kehidupan budaya masyakarat sriwijaya yang sangat dibanggakan adalah pada saat sriwijaya menjadi pusat pengajaran ajaran …… di asia tenggara.

Jawaban

Jawaban yang benar adalah agama Budha.

Pada masa pemerintahan raja Balaputradewa, selain sebagai kerajaan matirim terbesar di Nusantara, Kerajaan Sriwijaya juga menjadi pusat ilmu dan agama Buddha di Asia Tenggara, yaitu Buddha Mahayana. Hal ini diceritakan oleh I-Tsing seorang pendeta agama Budha dari Cina yang singgah di Kerajaan Sriwijaya pada tahun 672 sebelum pergi ke India.

I-Tsing mengatakan bahwa Kerajaan Sriwijaya merupakam pusat ilmu dan agama Buddha. Sekembalinya dari India, I-Tsung tidak langsung pulang ke China tapi singgah di Sriwijaya untuk mempelajari dan menterjemahkan kitab-kitab ajaran agama Buddha dari bahasa Sansekerta ke bahasa China. Sejak saat itu banyak pendeta yang datang ke Kerajaan Sriwijaya untuk mempelajari agama Budha.

Dengan demikian, tonggak kehidupan budaya masyakarat Sriwijaya yang sangat dibanggakan adalah pada saat Sriwijaya menjadi pusat pengajaran ajaran agama Budha di Asia Tenggara.

 

Pertanyaan Lain :

Tranding :  Dalil Objektif Adalah: Konsep dan Signifikansinya dalam Pencarian Kebenaran

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :