bentuk perjuangan pada zaman jepang adalah

bentuk perjuangan pada zaman jepang adalah…

Jawaban

Jawabannya adalah perjuangan melalui kerja sama (kooperasi), Perjuangan melalui gerakan bawah tanah (non kooperasi), dan perlawanan bersenjata.

Simak penjelasan berikut.

Ada tiga bentuk perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan penjajahan Jepang. Perlawanan tersebut antara lain:

1. Perjuangan melalui kerja sama

Perjuangan melalui kerja sama dilakukan oleh pejuang-pejuang dengan cara memanfaatkan lembaga-lembaga pemerintahan maupun organisasi yang didirikan pemerintah Jepang untuk perjuangan kaum nasionalis yang diantaranya memanfaatkan Gerakan PUTERA (Pusat Tenaga Rakyat), memanfaatkan Barisan Pelopor (Syuisyintai) dan memanfaatkan Chuo Sangi In (Badan Penasihat Pusat).

2. Perjuangan Melalui Gerakan Bawah Tanah (Bukan dalam bentuk kerja sama)

Selain melakukan kerja sama, para pejuang melakukan perjuangan dengan cara yang tertutup dan bersifat rahasia (perjuangan bawah tanah). Cara perjuangannya dilakukan melalui kegiatan-kegiatan tidak resmi, tanpa sepengetahuan Jepang. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mempersatukan rakyat agar meneruskan perjuangan mencapai kemerdekaan. Contoh perjuangan bawah tanah adalah gerakan Kelompok Sutan Syahrir, Golongan Persatuan Mahasiswa, Kelompok Pemuda Menteng 31 dan Golongan Kaigun.

3. Perlawanan Bersenjata

Perlawanan bersenjata yaitu berupa perlawanan rakyat-rakyat yang tersebar di berbagai daerah yang dikuasai Jepang. Contohnya perlawanan Rakyat di Cot Pleing (10 November 1942). Perlawanan Rakyat di Pontianak (16 Oktober 1943), Perlawanan Rakyat di Sukamanah, Singaparna, Jawa Barat (25 Februari 1944), Perlawanan Rakyat di Cidempet, Kecamatan Lohbener, Indramayu (30 Juli 1944) dan pemberontakan PETA.

Dengan demikian, bentuk perjuangan pada zaman jepang adalah perjuangan melalui kerja sama (kooperasi), Perjuangan melalui gerakan bawah tanah (non kooperasi), dan perlawanan bersenjata.

 

Pertanyaan Lain :

Tranding :  Jelaskan Apa Dampak Jatuhnya Kerajaan Malaka ke Tangan Portugis?

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :