perekonomian indonesia pada masa kolonial lebih maju dibandingkan masa pemerintahan jepang faktor utama kemajuan ekonomi pada masa kolonial adalah

perekonomian indonesia pada masa kolonial lebih maju dibandingkan masa pemerintahan jepang faktor utama kemajuan ekonomi pada masa kolonial adalah….

Jawaban

Jawabannnya adalah sistem kegiatan ekonomi yang baik dan maju.

Dalam sejarah Indonesia sekitar 1870-1900 disebut dengan masa liberalisme. Di mana kaum pengusaha Belanda dan modal swasta diberikan peluang oleh pemerintah Hindia Belanda untuk menanamkan modalnya dalam berbagai usaha kegiatan di Indonesia.

Pada masa liberalisme ini juga, sistem tanam paksa di Indonesia sudah dihapuskan. Dengan bebasnya kehidupan ekonomi dari pemerintah, mendorong perkembangan ekonomi Hindia-Belanda. Zaman liberal menyebabkan penetrasi ekonomi lebih maju, terutama di Jawa. Penduduk pribumi di Jawa mulai menyewakan tanah-tanahnya kepada pihak swasta Belanda untuk dijadikan perkebunan besar.

Adanya perkebunan-perkebunan tersebut, memberikan peluang bagi rakyat Indonesia untuk bekerja sebagai buruh perkebunan. Perkembangan pesat perkebunan teh, kopi, tembakau, dan tanaman perdagangan lainnya berlangsung antara 1870-1885. Selama itu pemerintah kolonial meraup keuntungan besar. Berbeda dengan masa penjajahan jepang dimana kegiatan ekonomi difokuskan untuk membiayai kegiatan perang jepang.

Jadi faktor utama kemajuan ekonomi pada masa kolonial dibandingkan masa pemerintahan jepang adalah sistem kegiatan ekonomi yang baik dan maju.

 

Pertanyaan Lain :

Tranding :  Mengapa Kita Harus Lebih Menjaga Kebersihan Saat Memasuki Masa Puber

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :