Pada masa kolonial perguruan tinggi berkembang pesat di indonesia dari pada masa penjajahan jepang, hal ini disebabkan oleh

Pada masa kolonial perguruan tinggi berkembang pesat di indonesia dari pada masa penjajahan jepang, hal ini disebabkan oleh….

Jawaban

fokus utama Jepang yang banyak diorientasikan ke arah kepentingan perang.

Untuk lebih jelasnya, yukk pahami penjelasan berikut ini.

Pendidikan berkembang pesat di masa kolonial Belanda, begitu banyak pembangunan sekolah dengan berbagai jenjang dan jenis termasuk Perguruan Tinggi. Di masa kolonial, pemerintah membangun beberapa Perguruan Tinggi yang dimaksudkan untuk Bumi Putera dengan berbagai jurusan mulai dari kedokteran, teknologi, pertanian, dan sebagainya.

Namun, perkembangan Perguruan Tinggi ini terhenti sejak masa pendudukan militer Jepang. Pemerintah Jepang yang fokus kepada kepentingan perang dan tidak memberikan banyak perhatian terhadap keberlangsungan Perguruan Tinggi. Hal ini dikarenakan, Perguruan Tinggi dianggap tidak memberikan banyak kontribusi bagi kemenangan perang Jepang maka tidak perlu mendapatkan perhatian lebih.

Dengan demikian, Perguruan Tinggi dapat dikatakan terhenti di masa Jepang karena fokus utama Jepang yang banyak diorientasikan ke arah kepentingan perang.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :