Apa saja tantangan kehidupan berbangsa dan bernegara yang kini dihadapi untuk menjaga keutuhan negara?

Apa saja tantangan kehidupan berbangsa dan bernegara yang kini dihadapi untuk menjaga keutuhan negara?

Jawaban

Jawaban yang tepat terkait macam tantangan untuk menjaga keutuhan NKRI yaitu mulai tantangan internal (keanekaragaman suku bangsa, kesenjangan sosial dan ekonomi, dan separatisme dan radikalisme) dan tantangan eksternal (dampak globalisasi, intervensi negara asing, dan sebagainya).

Tantangan kehidupan berbangsa dan bernegara untuk menjaga keutuhan negara ada tantangan internal dan tantangan eksternal. Tantangan internal adalah tantangan yang berasal dari NKRI sendiri dan bisa berpotensi menimbulkan perpecahan, sehingga pembangunan nasional menjadi terhambat.

Tantangan internal untuk menjaga keutuhan NKRI adalah keanekaragaman suku bangsa, kesenjangan sosial dan ekonomi, dan separatisme dan radikalisme. Sedangkan tantangan eksternal yang berasal dari luar NKRI seperti dampak globalisasi, intervensi negara asing, serta masuknya sindikat narkoba internasional.

Tantangan ini perlu dihadapi secara bersama tidak hanya pemerintah yang mengambil sikap, tetapi masyarakat juga turut mengambil andil dalam menjaga keutuhan negara. Keutuhan negara dapat tercipta apabila adanya kerjasama masyarakat dan pemerintah dalam menjaga negara, sikap toleransi, sikap menghargai dan menghormati, dan lainnya.

Jadi, macam tantangan untuk menjaga keutuhan NKRI yaitu mulai tantangan internal (keanekaragaman suku bangsa, kesenjangan sosial dan ekonomi, dan separatisme dan radikalisme) dan tantangan eksternal (dampak globalisasi, intervensi negara asing, dan sebagainya).

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :