Jelaskan makna yang terkandung dalam perwujudan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan sosial budaya

Jelaskan makna yang terkandung dalam perwujudan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan sosial budaya

Jawaban

Jawaban yang tepat adalah bahwa masyarakat dan budaya Indonesia adalah satu, sehingga peri kehidupan bangsa harus merupakan kehidupan yang serasi dan corak ragam budaya yang ada adalah kekayaan budaya yang menjadi modal dan landasan pengembangan budaya bangsa seluruhnya yang hasilnya dapat dinikmati oleh seluruh bangsa.

Pembahasan:

Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya, baik ke dalam (internal) maupun ke luar (eksternal) dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa, kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan seluruh aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional.

Salah satu bentuk cara pandang Wawasan Nusantara adalah cara pandang kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan sosial budaya, yang mengandung makna:

  1. Bahwa masyarakat Indonesia adalah satu, peri kehidupan bangsa harus merupakan kehidupan yang serasi dengan terdapatnya tingkat kemajuan masyarakat yang sama, merata dan seimbang serta adanya keselarasan kehidupan yang serasi dengan kemajuan bangsa.
  2. Bahwa budaya Indonesia adalah satu; corak ragam budaya yang ada menggambarkan kekayaan budaya bangsa yang menjadi modal dan landasan pengembangan budaya bangsa seluruhnya dan hasilnya dapat dinikmati oleh seluruh bangsa dengan terdapatnya tingkat kemajuan masyarakat yang sama, merata dan seimbang serta adanya keselarasan kehidupan yang serasi dengan kemajuan bangsa.

Berdasarkan uraian di atas, maka jawaban yang tepat adalah bahwa masyarakat dan budaya Indonesia adalah satu, sehingga peri kehidupan bangsa harus merupakan kehidupan yang serasi dan corak ragam budaya yang ada adalah kekayaan budaya yang menjadi modal dan landasan pengembangan budaya bangsa seluruhnya yang hasilnya dapat dinikmati oleh seluruh bangsa.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :