Latar belakang terjadinya pertempuran Surabaya

Latar belakang terjadinya pertempuran Surabaya …

a. Masyarakat Surabaya berhasil mengusir AFNEI dengan bantuan Jepang
b. Masyarakat Surabaya tidak mau menyerah pada Ultimatum yang dilakukan oleh AFNEI
c. Masyarakat Surabaya membumi hanguskan seluruh wilayahnya
d. Masyarakat Surabaya mencuri harta VOC

Jawaban

Jawabannya adalah B. Masyarakat Surabaya tidak mau menyerah pada Ultimatum yang dilakukan oleh AFNEI.

Peristiwa pertempuran pada tanggal 10 November 1945 di Surabaya sebenarnya merupakan dampak yang disebabkan oleh beberapa peristiwa sebelumnya. Namun penyebab utama yang menjadi latar belakang pertempuran Surabaya adalah pengibaran bendera Belanda di Hotel Yamato pada tanggal 18 September 1945.

Pemuda Indonesia masuk ke dalam hotel Yamato dan memanjat tiang bendera untuk merobek warna biru bendera Belanda dan kemudian mengibarkannya kembali menjadi merah-putih. Hal tersebut menjadi latar belakang pertempuran Surabaya yang kemudian secara beruntut terjadi pertempuran pada tanggal 27 Oktober antara pemuda Surabaya melawan Inggris yang pada saat itu memihak Belanda.

Pertempuran ini terus terjadi hingga Jenderal Hawthorn meminta Presiden RI untuk meredakan pertempuran. Pada tanggal 29 Oktober, perjanjian diplomasi antara Indonesia dan Inggris ditandatangani dengan adanya genjatan senjata. Namun pada hari berikutnya kembali terjadi pertempuran antara Indonesia dengan pihak AFNEI/Inggris yang menewaskan Jenderal Mallaby.

Setelah peristiwa yang menewaskan Jenderal Mallaby tersebut pihak Inggris kemudian mengeluarkan ultimatum terhadap pihak Indonesia agar para tentara maupun pemuda yang bersenjata menyerahkan diri dengan batas akhir tanggal 10 November 1945 serta menyerahkan senjata mereka sebelum jam enam pagi.

Ultimatum yang dikeluarkan pihak Inggris tersebut membakar amarah pemuda Indonesia sehingga terjadi pertempuran 10 November 1945 menjadi pertempuran terbesar sepanjang perjuangan Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan. Tercatat lebih dari 10.000 rakyat Indonesia dan juga pasukan Inggris tewas dalam pertempuran Surabaya.

Tranding :  Dalil Objektif Adalah: Konsep dan Signifikansinya dalam Pencarian Kebenaran

Jadi, latar belakang terjadinya pertempuran Surabaya pada soal di atas yaitu B. Masyarakat Surabaya tidak mau menyerah pada Ultimatum yang dilakukan oleh AFNEI.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :