perang padi di sumatra barat asalnya dari kaum adat perselisihan dengan kaum padi dan belanda memihak kaum adat. pemimpinnya adalah

perang padi di sumatra barat asalnya dari kaum adat perselisihan dengan kaum padi dan belanda memihak kaum adat. pemimpinnya adalah

a. tuanku imam bonjol
b. tuanku nan cerdik
c. tuanku nan alahan
d. tuanku tambusai

Jawaban

Jawabannya adalah a. tuanku iman bonjol

Perang Padri merupakan peperangan yang berlangsung di Sumatra Barat, di kawasan Kerajaan Pagaruyung dari tahun 1803 hingga 1838.

Perang Padri diawali dengan konflik antara Kaum Padri dengan Kaum Adat terkait pemurnian agama Islam di Sumatra Barat. Kaum Adat masih sering melakukan kebiasaan yang bertentangan dengan Islam, seperti berjudi dan mabuk-mabukan. Kaum Padri yang terdiri dari para ulama menasihati Kaum Adat untuk menghentikan kebiasaan tersebut, namun Kaum Adat menolaknya. Perang diakhiri dengan kekalahan Kaum Adat.

Kekalahan yang dialami Kaum Adat tersebut, kemudian dimanfaatkan Belanda untuk bekerja sama dengan Kaum Adat guna melawan Kaum Padri. Belanda memang bertujuan untuk menguasai wilayah Sumatra Barat.

Adapun tokoh yang berperan penting dalam perang ini adalah Tuanku Imam Bonjol, yang mengajak Kaum Adat agar menyadari tipuan Belanda dan akhirnya bersatu melawan Belanda. Perang diakhiri dengan kekalahan di pihak Kaum Padri dan Kaum Adat karena militer Belanda yang cukup kuat.

Jadi, Perang Padri di Sumatra Barat (1821- 1838) asalnya dari kaum adat perselisihan dengan Kaum Padri dan Belanda memihak Kaum Adat. Pemimpinnya adalah Tuanku Imam Bonjol, pilihan jawabannya a.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :