sebutkan penerapan semangat nasionalisme dalam bidang pertahanan dan keamanan

sebutkan penerapan semangat nasionalisme dalam bidang pertahanan dan keamanan

Jawaban

Jawaban yang benar adalah penerapan semangat nasionalisme dalam bidang pertahanan dan keamanan dapat diwujudkan dengan sikap suka rela dalam melakukan kegiatan siskamling, saling menjaga ketentraman dan ketenangan di lingkungan masyarakat.

Nasionalisme artinya paham yang tumbuh dalam diri seseorang untuk mencintai bangsa dan negaranya. Semangat nasionalisme harus diwujudkan dalam berbagai bidang, seperti bidang sosial, budaya, ekonomi, politik, serta pertahanan dan keamanan negara. Berikut adalah contoh penerapan semangat nasionalisme dalam bidang pertahanan dan keamanan dapat diwujudkan dengan sikap suka rela dalam melakukan kegiatan siskamling, saling menjaga ketentraman dan ketenangan di lingkungan masyarakat.

Berdasarkan pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa contoh penerapan semangat nasionalisme dalam bidang pertahanan dan keamanan dapat diwujudkan dengan sikap suka rela dalam melakukan kegiatan siskamling, saling menjaga ketentraman dan ketenangan di lingkungan masyarakat.

 

Pertanyaan Serupa :

Mengapa semboyan Bhineka Tunggal Ika terdapat dalam lambang negara?

Jawaban

Jawaban yang benar adalah alasan semboyan Bhineka Tunggal Ika terdapat dalam lambang negara, yaitu karena Bhineka Tunggal Ika merupakan semboyan yang melambangkan perbedaan di Indonesia ini.

Semboyan Bhinneka Tunggal Ika artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika juga ikut tercantum dalam salah satu lambang negara. Contoh penerapan Bhineka Tunggal Ika yaitu tidak membeda-bedakan teman berdasarkan ras, suku, agama, gender, dan lain sebagainya.

Berdasarkan pemaparan diatas dapat disimpulkan alasan semboyan Bhineka Tunggal Ika terdapat dalam lambang negara, yaitu karena Bhineka Tunggal Ika merupakan semboyan yang melambangkan perbedaan di Indonesia ini.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :