faktor yang melatarbelakangi presiden soeparno mengeluarkan dekrit tersebut adalah

dekrit presiden 5 juli 1959 mendapatkan sambutan baik dari masyarakat luas yang mendambakan adanya stabilitas politik. bahkan deret ini juga mendapatkan dukungan dari ma dan ksda. faktor yang melatarbelakangi presiden soeparno mengeluarkan dekrit tersebut adalah…

Jawaban

faktor yang melatarbelakangi Presiden Sukarno mengeluarkan dekret ialah kegagalan konstituante menyusun UUD yang baru.

Simak pembahasan berikut.

Dekrit presiden 5 Juli dikeluarkan untuk menyelamatkan persatuan negara dan menstabilkan kondisi politik dalam negeri yang sedang kacau. Latar belakang dikeluarkannya dekrit presiden 5 Juli ini ialah karena badan Konstituante gagal dalam menjalankan tugasnya.

Akhirnya pada hari Minggu tanggal 5 Juli 1959 Presiden Soekarno mengeluarkan dekret yang dibacakan pada upacara resmi di Istana Merdeka. Tujuan dari dikeluarkan isi dekret presiden 5 Juli ialah untuk menyelesaikan masalah yang timbul akibat ketidakjelasan yang terkait dengan pembuatan UUD baru.

Sejak dikeluarkannya dekret tersebut menjadi pertanda bahwasnya sistem pemerintahan parlementer juga berakhir dan digantikan dengan sistem pemerintahan demokrasi terpimpin dan kabinet digantikan menjadi kabinet presidensial.

Adapun isi dari Dekret Presiden 5 Juki 1959 ialah :

1. Konstituante dibubarka
2. UUD 1945 kembali diberlakukan
3. UUDS 1959 tidak diberlakukan
4. Dibentuknya Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara (MPRS) dan Dewan Pertimbangan Agung Sementara (DPAS).

Jadi, berdasarkan penjelasan di atas maka faktor yang melatarbelakangi Presiden Sukarno mengeluarkan dekret ialah kegagalan konstituante menyusun UUD yang baru.

 

Pertanyaan Lain :

Tranding :  Apakah yang Dimaksud Konsumsi dan Konsumen?

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :