Penderitaan yang dialami bangsa Indonesia menyadarkan beberapa orang Belanda yang tinggal atau pernah tiggal di Indonesia. Diantaranya yaitu

Penderitaan yang dialami bangsa Indonesia menyadarkan beberapa orang Belanda yang tinggal atau pernah tiggal di Indonesia. Diantaranya yaitu

Jawaban

Jawaban yang benar adalah penderitaan yang dialami bangsa Indonesia menyadarkan beberapa orang Belanda yang tinggal atau pernah tinggal di Indonesia. Diantaranya yaitu Edward Douwes Dekker/Multatuli, Baron Van Houvell, dan Ernest Francois Eugene Douwes Dekker.

Belanda menguasai nusantara dalam kurun waktu yang lama. Adapun selama masa penjajahan tersebut, rakyat merasakan penderitaan atas kekejaman orang-orang Belanda. Hal ini ternyata menyebabkan beberapa orang Belanda bersimpati terhadap rakyat Indonesia karena melihat penjajahan yang merugikan.

Adapun beberapa tokoh tersebut adalah Edward Douwes Dekker/Multatuli dengan bukunya yang berjudul Max Havelaar, Baron Van Houvell dengan beberapa protesnya terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah Belanda yang tidak pro rakyat, dan Ernest Francois Eugene Douwes Dekker yang menjadi salah satu tokoh tiga serangkai.

Berdasarkan pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa penderitaan yang dialami bangsa Indonesia menyadarkan beberapa orang Belanda yang tinggal atau pernah tinggal di Indonesia. Diantaranya yaitu Edward Douwes Dekker/Multatuli, Baron Van Houvell, dan Ernest Francois Eugene Douwes Dekker.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :