Pasukan sekutu mengeluarkan ultimatum kepada rakyat surabaya setelah mengetahui brigjen a.w.s. mallaby terbunuh ancaman sekutu terhadap rakyat surabaya

Pasukan sekutu mengeluarkan ultimatum kepada rakyat surabaya setelah mengetahui brigjen a.w.s. mallaby terbunuh ancaman sekutu terhadap rakyat surabaya jika ultimatum mayor jenderal mansergh tidak dilaksanakan adalah ….

a. surabaya akan diserang dari darat laut dan udara
b. jalur transportasi surabaya akan diputus oleh sekutu
c. sekutu akan merusak segala fasilitas umum di surabaya
d. pasukan nica melakukan operasi militer di wilayah surabaya

Jawaban

Jawaban: A. surabaya akan diserang dari darat laut dan udara

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut ini.

Kedatangan awal Inggris di Surabaya adalah pembebasan tawanan perang dan melucuti persenjataan milik Jepang. Sekutu datang ke Surabaya pada 25 Oktober 1945 dibawah pimpinan Brigadir Jenderal Aubertin Mallaby.

Situasi dan sentimen bangsa barat sebagai penjajah masih melekat, kedatangan mereka tentu tidak disambut dengan baik hingga muncul banyak konflik-konflik kecil diantara para pejuang dan tentara Inggris. Konflik ini memuncak saat tewasnya pimpinan tentara Inggris yang bernama Brigadir Jenderal Aubertin Mallaby pada 30 Oktober 1945.

Inggris mengumumkan ultimatum kepada para pejuang dari Surabaya untuk menyerahkan segala persenjataan kepada Sekutu, jika ultimatum tidak dilaksanakan maka Sekutu akan menyerang Surabaya melalui kekuatan dari darat, laut, dan udara.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah opsi A. Surabaya akan diserang dari darat, laut, dan udara

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :