Sejarah Singkat Berdirinya Kerajaan Islam di Jawa

Sejarah Singkat Berdirinya Kerajaan Islam di Jawa – sebelum berdirinya kerajaan demak di jawa tengah, kerajaan Majapahit mengalami keruntuhan. kemudian terjadi transformasi sistem perpolitikan yang diprakarsai para tokoh wali songo.

peristiwa tersebut diawali dari pemerintahan kerajaan bernuansa hindu-buddha yang berlokasi di Mojokerto Jawa Timur berubah menjadi kerajaan bercorak islam yang berlokasi di Bintoro, Demak, Jawa Tengah.

Sejarah Singkat Berdirinya Kerajaan Islam di Jawa

Sebelum berdirinya kerajaan demak di jawa tengah, kerajaan Majapahit mengalami keruntuhan. kemudian terjadi transformasi sistem perpolitikan yang diprakarsai para tokoh wali songo. peristiwa tersebut diawali dari pemerintahan kerajaan bernuansa hindu-buddha yang berlokasi di Mojokerto, Jawa Timur, berubah menjadi kerajaan bercorak islam yang berlokasi di Bintoro, Demak, Jawa Tengah.

Kerajaan Majapahit adalah kerajaan Hindu-Buddha terakhir di Nusantara yang berdiri antara abad ke-13 hingga abad ke-16 M. Pusat kerajaan diperkirakan ada di Mojokerto, Jawa Timur. Dalam sejarahnya, Majapahit dianggap sebagai salah satu kerajaan terbesar dengan wilayah kekuasaan hampir mencakup seluruh nusantara sekarang.

Kerajaan Majapahit didirikan pada 1293 M oleh Raden Wijaya, menantu Kertanegara, raja terakhir dari Kerajaan Singasari. Masa kejayaan Majapahit berlangsung pada masa pemerintahan Raja Hayam Wuruk.

Tranding :  Interaksi Sosial Masyarakat Pribumi Selama Kekuasaan VOC di Indonesia

Pada tahun akhir abad ke-15 M/1478 M setelah Majapahit di Jawa mengalami keruntuhan, Raden Patah mendirikan Kerajaan Demak dan menjadi raja pertamanya. Nantinya Kerajaan Demak menjadi kerajaan Islam pertama di Jawa. Raden Patah adalah anak dari raja terakhir Majapahit yaitu Raja Brawijaya V.

Raden Patah hijrah dari Sumatera ke Jawa atas perintah Sunan Ampel. Di Jawa Raden Patah membabat hutan yang terlindung oleh tanaman gelagah wangi untuk mendirikan Pesantren. Wilayah tempat Raden Patah mendirikan Pesantren bernama Bintoro, Demak, Jawa Tengah. Daerah Bintoro adalah salah satu kadipaten di bawah kekuasaan Majapahit yang dberikan Raja Brawijaya kepada Raden Patah.

Dengan demikian, sebelum berdirinya kerajaan demak di jawa tengah, kerajaan Majapahit mengalami keruntuhan. kemudian terjadi transformasi sistem perpolitikan yang diprakarsai para tokoh wali songo.

peristiwa tersebut diawali dari pemerintahan kerajaan bernuansa hindu-buddha yang berlokasi di Mojokerto, Jawa Timur, berubah menjadi kerajaan bercorak islam yang berlokasi di Bintoro, Demak, Jawa Tengah.

Tranding :  Makna Kata Aktivitas dalam Paragraf

 

Kumpulan Soal :

Tranding :  5 Permasalahan dalam Penerapan Tata Ruang Wilayah

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :