...

materi smk jurusan administrasi perkantoran

Jurusan Administrasi Perkantoran Akan mempelajari pengetahuan dan keterampilan yang kemudian dibutuhkan untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan di suatu organisasi (perusahaan atau kantor). Tugas administrasi sendiri dipelajari di Jurusan Administrasi Perkantoran. apa saja materi smk jurusan administrasi perkantoran.

Melakukan perencanaan, pendataan, pendistribusian informasi, data-data, dan surat-menyurat perkantoran, dan menyediakan peralatan perkantoran merupakan pekerjaan Administrasi Perkantoran. Prodi Administrasi Perkantoran menghasilkan profesional yang bertanggung jawab dalam mengatur aktivitas perusahaan dan perantara antara atasan dengan pihak-pihak yang ingin berhubungan dengan atasan. Maka dari itu profesi ini tidak bisa dianggap remeh.

Ia juga Akan membekalimu dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan organisasi, membantu dan menangani pekerjaan dan tugas-tugas pimpinan. Jurusan ini akan membawamu bertanggung jawab dalam mengatur aktivitas perusahaan dan perantara antara atasan dengan pihak-pihak rule ingin berhubungan dengan atasan. Dibutuhkan tingkat ketelitian dan kerapihan untuk berkuliah di jurusan ini.

Materi SMK Jurusan Administrasi Perkantoran

Memilih jurusan administrasi tentu saja memiliki prospek kerja yang cukup menjanjikan. Prospek kerjanya pun tidak main main, lulusan jurusan ini akan banyak bekerja di dunia perkantoran. Selain itu jurusan ini sendiri memiliki rate gaji yang cukup tinggi. Lulusannya akan banyak melakukan perencanaan, pendataan, pendistribusian informasi, data-data, dan surat-menyurat juga menyediakan peralatan perkantoran merupakan pekerjaan Administrasi Perkantoran.

Biasanya profesi administrasi seperti sekretaris memang identik dengan wanita, hal ini disebabkan karena pekerjaan administrasi membutuhkan tingkat ketelitian dan kerapihan yang tinggi. Namun tidak menutup kemungkinan juga bagi pria untuk bekerja di bidang administrasi.

Tugas Administrasi Perkantoran sendiri yang utama adalah melakukan rekapitulasi data, mengelola dokumen, dan menyimpan dokumen secara terstruktur. Dari tugas utama ini kita bisa menurunkan beberapa tugas Administrasi Perkantoran mencakup Berkomunikasi via telepon, baik melakukan atau menerima panggilan telepon, Menyiapkan agenda, seperti jadwal pertemuan, sesuai hasil komunikasi yang telah dilakukan, Entri atau rekapitulasi data, berupa data konsumen, transaksi dengan klien, dan lain-lain.

Ia juga bertugas menyediakan informasi atau data yang lengkap bagi pihak yang memerlukannya agar pekerjaan terlaksana sesuai dengan prosedur, tenggat waktu, dan standar yang telah ditentukan serta Melakukan verifikasi hingga membuat laporan kegiatan, misalnya produksi dan pengiriman. (gramedia .com)

KEAHLIAN JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN

Jurusan Administrasi Pekantoran mempelajari hal-hal administratif seperti surat-menyurat, pengarsipan, hingga tata cara dan etika kerja di kantor. Lulusan dari jurusan Administrasi Perkantoran dapat bekerja di berbagai perusahaan sebagai tenaga administrasi atau sekretaris. Baik di sektor pemerintahan maupun swasta

✓ Kemampuan komunikasi yang baik
✓ Kemampuan bekerja sama
✓ Kemampuan menulis
✓ Manajemen waktu yang baik
✓ Memperhatikan detail dan ketelitian

Karakter Siswa Yang Sesuai dengan Jurusan Perkantoran

  • Teliti
  • Tekun
  • Detil
  • Kritis
  • Rasional
  • Observan
  • Terstruktur
  • Independen
  • Senang menganalisis
  • Senang bekerja sendiri
  • Senang memecahkan masalah

Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran

Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran / materi yang diajarkan adalah sebagai berikut:

  1. Pengantar Ekonomi Bisnis
  2. Pengantar Administrasi Perkantoran
  3. Pengantar Akuntansi
  4. Otomatisasi Perkantoran
  5. Korespondensi
  6. Kearsipan
  7. Simulasi Digital
  8. Administrasi Kepegawaian
  9. Administrasi Keuangan
  10. Administrasi Sarana Prasarana
  11. Administrasi Humas dan Keprotokolan

PROSPEK KERJA JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN

Prospek kerja ini terbuka bagi yang melanjutkan kuliah ke jurusan yang sama yaitu administrasi perkantoran prospek kerja ini diambil dari web rencanamu.id

Petugas Hakim Hukum Administratif, Juri, dan Sidang

Mengadakan sidang untuk merekomendasikan atau membuat keputusan terkait program pemerintah atau hal-hal lain yang berhubungan dengan pemerintah. Menentukan kewajiban, sangsi, atau penalti, serta merekomendasikan penerimaan atau penolakan klaim dan penyelesaian.

Staff Legal

Melakukan tugas kesekretariatan menggunakan terminologi, prosedur, dan dokumen hukum. Menyiapkan dokumen dan korespondensi hukum, seperti surat panggilan, keluhan, isyarat, dan panggilan dari pengadilan. Dapat juga membantu penelitian hukum.

Staff Administrasi

Staff administrasi merupakan salah satu unit memberikan dukungan terhadap kegiatan operasional perusahaan. Tugas utama staff administrasi menyangkut hal hal terkait korespondensi, data entry, penyimpanan dan penataan dokumen termasuk membantu unit unit lain yang membutuhkan berbagai data untuk laporan kepada manajemen.

General Affairs

Merencanakan, memberi arahan, atau berkoordinasi dengan satu atau lebih pelayanan administratif lain dari sebuah organisasi seperti bagian pencatatan dan informasi, bagian maintenance, bagian operation, dan bagian layanan pendukung lainnya.

Pegawai Yudisial

Membantu hakim di pengadilan, melakukan riset, atau menyiapkan dokumen hukum.

Asisten Legal dan Paralegal

Membantu pengacara dengan meyelidiki fakta-fakta, menyiapkan dokumen legal, atau meneliti preseden hukum. Melakukan penelitian untuk mendukung proses hukum, untuk merumuskan pembelaan, atau untuk mengajukan tindakan hukum.

Sekretaris Medis

Seorang sekretaris medis adalah anggota staf di fasilitas perawatan kesehatan seperti rumah sakit dan kantor dokter yang melakukan fungsi administrasi dan mendukung. Selain memiliki keterampilan administrasi, sekretaris medis harus memiliki pengetahuan tentang istilah medis, bahasa umum profesi medis dan akrab dengan berbagai prosedur medis dan praktek bisnis.

Resepsionis

Resepsionis dan Petugas Informasi secara umum bertugas untuk menjawab pertanyaan dan memberikan informasi kepada masyarakat umum, pelanggan, pengunjung, dan pihak yang berkepentingan lainnya mengenai kegiatan yang dilakukan pada pendirian dan lokasi departemen, kantor, dan karyawan di dalam organisasi. Idealnya, seorang Resepsionis memiliki latar belakang pendidikan dan kemampuan dalam bidang hospitality, walaupun pada umumnya perusahaan di bidang mana pun membutuhkan profesi satu ini.

Demikian pembahasan materi smk jurusan administrasi perkantoran. semoga bermanfaat

 

Kumpulan Soal :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :