Sejenis kubur batu yang memiliki tutup diatasnya

Sejenis kubur batu yang memiliki tutup diatasnya, biasanya wadah dan tutupnya berukuran sama, pada dindingnya biasanya diberi ukiran manusia atau hewan yang dianggap memiliki kekuatan magis adalah…

Jawaban

Jenis kubur batu yang memiliki tutup diatasnya dan dindingnya diberi ukiran manusia atau h e w a n adalah Sarkofagus.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Sarkofagus adalah kubur batu, yang memiliki tutup di atasnya. Pada dinding sarkofagus, biasanya diberi ukiran manusia atau b i n a t a n g yang dianggap memiliki kekuatan magis.

Sarkofagus merupakan salah satu peninggalan Zaman Megalitikum. Sarkofagus banyak ditemukan di Bali dan Bondowoso. Sarkofagus berfungsi sebagai kuburan, peti mayat atau wadah kubur.

Dengan demikian, kubur batu yang memiliki tutup diatasnya, biasanya wadah dan tutupnya berukuran sama, pada dindingnya biasanya diberi ukiran manusia atau h e w a n yang dianggap memiliki kekuatan magis adalah Sarkofagus.

Pertanyaan Serupa :

Letusan gunung merapi pada abad ke-10 m diperkirakan mengakhiri kerajaan Mataram kuno yang diperintah wangsa…

Jawaban

Jawaban: Sanjaya

Untuk lebih jelasnya, yukk pahami penjelasan berikut ini

Kerajaan Mataram Kuno sempat berpindah pusat kerajaan dari wilayah Jawa Tengah ke Jawa Timur. Salah satu penyebabnya adalah luetusan gunung berapi yang terjadi di tahun 1006. Menurut Buku Nasional Indonesia dijelaskan bahwa masa pemerintahan Rakai Sumba dari dinasti Sanjaya berakhir dengan tiba-tiba, kemungkinan besar karena bencana letusan gunung berapi.

Menurut R. W. Bemmelen, letusan tersebut melenyapkan hampir sebagian besar puncak gunung. Kaum kerabat kerajaan dan pejabat tinggi yang diikuti oleh rakyat Mataram mengungsi ke arah timur. Kemudian dibangunlah sebuah Kerajaan dan Dinasti baru oleh Mpu Sindok di wilayah Jawa Timur

Dengan demikian, Letusan gunung mengakhiri kerajaan Mataram kuno yang diperintah oleh wangsa Sanjaya.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :