Menurut kalian adakah korelasi antara ketersediaan rempah-rempah dengan kedatangan bangsa Barat

Menurut kalian adakah korelasi antara ketersediaan rempah-rempah dengan kedatangan bangsa Barat!

Jawaban

Jawabannya adalah ada korelasinya. Belanda dan Inggris datang ke Indonesia karena mendengar bahwa Indonesia memiliki rempah-rempah yang melimpah.

Bangsa Eropa mulanya membeli rempah-rempah dari Konstantinopel. Konstantinopel merupakan kota pelabuhan yang terdapat di Romawi Timur. Namun setelah jatuhnya Konstantinopel ke tangan Turki Usmani, bangsa Eropa kesulitan untuk mengakses rempah-rempah.

Seorang pelaut asal Portugis bernama Alfonso de Alburquerque mengenalkan Indonesia kepada bangsa Eropa pada Abad XVI. Dia mengabarkan bahwa Nusantara adalah negeri yang kaya akan rempah-rempah. Dari situ kemudian, bangsa Eropa berbondong-bondong datang ke Indonesia untuk mencari rempah-rempah.

Belanda datang ke Indonesia pada tahun 1595 dan menjajah selama kurang lebih 350 tahun. Sedangkan Inggris datang ke Indonesia pada tahun 1811 dan menjajah selama kurang lebih 5 tahun.

Jadi, jawabannya adalah ada korelasinya. Belanda dan Inggris datang ke Indonesia karena mendengar bahwa Indonesia memiliki rempah-rempah yang melimpah.

Pertanyaan Serupa :

Jelaskan latar belakang munculnya paham nasionalisme di Eropa pada pertengahan abad ke-16!

Jawaban

Mungkin maksudnya adalah latar belakang munculnya paham nasionalisme di Eropa pada pertengahan abad ke-18 ya.

Latar belakang munculnya paham nasionalisme di Eropa pada pertengahan abad ke-18 adalah setelah terjadi Revolusi Prancis, tokoh diktatornya adalah Napoleon Bonaparte. Negara-negara yang dikuasai Napoleon, bangkit melawan kekuasaan Napoleon sebagai bentuk sikap nasionalisme/paham mencintai tanah air.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Revolus Prancis pada 1789 adalah revolusi yang terjadi di Prancis yang terjadi karena kekuasaan raja yang absolut (kekuasaan mutlak raja dalam hukum, pemerintahan, dan perunang-undangan) yang menimbulkan kesewenagan /ketidakadilan terhadap rakyat.

Dampak dari Revolusi Prancis ialah timbulnya paham baru salah satunya paham nasionalisme (kebangsaan). Setelah terjadi Revolusi Prancis, tokoh diktatornya adalah Napoleon Bonaparte. Negara-negara yang dikuasai Napoleon, bangkit melawan kekuasaan Napoleon sebagai bentuk sikap nasionalisme/paham mencintai tanah air.

Tranding :  perubahan perbedaan masa kolonial barat dan perubahan perbedaan masyarakat pada masa jepang

Dengan demikian, latar belakang munculnya paham nasionalisme di Eropa pada pertengahan abad ke-18 adalah setelah terjadi Revolusi Prancis, tokoh diktatornya adalah Napoleon Bonaparte. Negara-negara yang dikuasai Napoleon, bangkit melawan kekuasaan Napoleon sebagai bentuk sikap nasionalisme/paham mencintai tanah air.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :