Jabarkan mengenai perhimpunan indonesia

Jabarkan mengenai perhimpunan indonesia

Jawaban

Jawaban yang benar adalah salah satu organisasi pergerakan nasional yang berdiri di negeri Belanda dan didirikan oleh mahasiswa Indonesia serta orang-orang Belanda yang menaruh perhatian pada nasib Hindia Belanda yang tinggal di negeri Belanda.

Yuk simak pembahasan berikut.

Perhimpunan Indonesia adalah salah satu organisasi pergerakan nasional yang berdiri di negeri Belanda. Perhimpunan Indonesia didirikan oleh mahasiswa Indonesia serta orang-orang Belanda yang menaruh perhatian pada nasib Hindia Belanda yang tinggal di negeri Belanda.

Tujuan perhimpunan Indonesia adalah untuk menyasarkan mahasiswa agar mempunyai komitmen yang bulat. Mereka harus sadar dan memiliki semangat dalam persatuan dan kemerdekaan Indonesia. Selain itu, tujuannya adalah sebagai elit intelektual yang berprofesional.

Tokoh-tokoh yang menggerakkan organisasi perhimpunan Indonesia adalah Iwa Koesoemasoemantri menjadi ketua pada 1923. Soekiman Wirjosandjojo menjadi ketua pada 1925. Mohammad Hatta menjadi ketua terlama yaitu sejak awal tahun 1926 hingga 1930.

Jadi, perhimpunan Indonesia adalah salah satu organisasi pergerakan nasional yang berdiri di negeri Belanda dan didirikan oleh mahasiswa Indonesia serta orang-orang Belanda yang menaruh perhatian pada nasib Hindia Belanda yang tinggal di negeri Belanda.

 

Kumpulan Soal :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :