Salah satu faktor yang mendorong berkembangnya islam di Indonesia adalah

Salah satu faktor yang mendorong berkembangnya islam di Indonesia adalah…

Jawaban

Jawaban yang benar adalah ‘Salah satu faktor yang mendorong berkembangnya islam di Indonesia yaitu karena Islam bersifat terbuka dan tidak mengenal kasta atau membeda-bedakan umat satu dan lainnya.’ Soal menanyakan faktor yang mendorong berkembangnya islam di Indonesia.

Jawabannya dapat ditemukan dengan penjelasan berikut: Salah satu faktor yang mendorong perkembangan Islam di Indonesia karena Islam bersifat terbuka dapat dilihat dari Islam yang dapat berakulturasi dengan kebudayaan yang sudah ada di indonesia sebelumnya, contohnya dapat kita lihat masjid-masjid kuno dengan atap tumpang yang identik dengan unsur Hindu dan Budha nya yaa.

Nah masjid-masjid kuno dengan atap tumpangnya ini dapat kalian temui di Masjid Demak dan hal ini juga merupakan salah satu bukti dari pengaruh Islam di bidang kebudayaan. Hal inilah yang membuat islam berkembang di indonesia.

Kemudian syarat masuk Islam cukup mudah, hanya dengan mengucapkan dua kalimat syahadat juga merupakan suatu faktor dari berkembangnya Islam di Indonesia sebab hanya dengan mengucapkan sebuah kalimat tauhid seseorang bisa menjadi bagian dari suatu agama. Berikutnya, poin mengenai Islam tidak mengenal kasta juga merupakan suatu faktor yang membuat Islam bisa berkembang di Indonesia karena stratifikasi sosial yang terjadi sebelumnya di masa Hindu cukup ketat dan sejak hadirnya Islam ke Indonesia sistem kasta ini mulai memudar.

Jadi jawaban yang benar untuk soal tersebut adalah ‘Salah satu faktor yang mendorong berkembangnya islam di Indonesia yaitu karena Islam bersifat terbuka dan tidak mengenal kasta atau membeda-bedakan umat satu dan lainnya.’

 

Kumpulan Soal :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :