Kebijakan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia masa kolonial Hindia Belanda dikenal dengan istilah

Kebijakan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia masa kolonial Hindia Belanda dikenal dengan istilah…

Jawaban

Kebijakan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia masa kolonial Hindia Belanda dikenal dengan istilah Politik Etis. Politik Etis atau Politik Balas Budi adalah suatu pemikiran yang menyatakan bahwa pemerintah kolonial memegang tanggung jawab moral bagi kesejahteraan bumiputera.

Pemikiran ini merupakan kritik terhadap politik tanam paksa. Munculnya kaum Etis yang dipelopori oleh Pieter Brooshooft dan C.Th. van Deventer membuka mata pemerintah kolonial untuk lebih memperhatikan nasib para bumiputera yang terbelakang.

pemerintah Belanda mempunyai panggilan moral dan hutang budi (een eerschuld) terhadap bangsa bumiputera di Hindia Belanda. Ratu Wilhelmina menuangkan panggilan moral tersebut ke dalam kebijakan politik etis, yang terangkum dalam program Trias Van deventer yang meliputi:

  1. Irigasi (pengairan), membangun dan memperbaiki pengairan-pengairan dan bendungan untuk keperluan pertanian.
  2. Imigrasi yakni mengajak penduduk untuk bertransmigrasi.
  3. Edukasi yakni memperluas dalam bidang pengajaran dan pendidikan. Jadi Kebijakan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia masa kolonial Hindia Belanda dikenal dengan istilah Politik Etis atau Politik Balas Budi.

 

Kumpulan Soal :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :