Raja Mataram yang mempersiapkan serangan terhadap kedudukan VOC Batavia pada Tahun 1628 adalah

Raja Mataram yang mempersiapkan serangan terhadap kedudukan VOC Batavia pada Tahun 1628 adalah….

A. Sultan Hamengkubuwono
B. Pangeran Diponegoro
C. PangeranAntasari
D. Sultan Agung

Jawaban

Jawaban yang tepat D Sultan Agung.

Simak pembahasan berikut.

Penyerbuan di Batavia adalah serangan pada tahun 1628 dan tahun 1629 oleh Sultan Agung dari Kesultanan Mataram ke Batavia yang sekarang menjadi Jakarta, pusat VOC di kepulauan Nusantara, pada tahun 1628 dengan tujuan untuk mengusir VOC dari Pulau Jawa.

VOC pada awalnua bermarkas di Ambon, Kepulauan Maluku, mengirimkan dutanya untuk mengajak Sultan Agung supaya mengizinkan VOC untuk mendirikan loji-loji dagang di pantai Utara Mataram. Namun permintaan ini ditolak Sultan Agung karena jika diizinkan maka ekonomi di pantai Utara akan dikuasai oleh VOC. Penolakan ini berdampak pafa hubungan Mataram dan VOC dan sejak saat itu renggang.

Pada tahun 1619 VOC berhasil merebut Jayakarta (di bagian Barat pulau Jawa yang belum ditaklukkan Mataram) dari Kesultanan Banten, dan mengganti namanya menjadi “Batavia” yang saat ini Jakarta. Markas yang pada awalnya di Ambon lalu dipindahkan ke kota Batavia. Menyadari kekuatan bangsa dan maskapai dagang Belanda tersebut, Sultan Agung mulai berpikir untuk memanfaatkan VOC dalam persaingannya menghadapi Surabaya dan Kesultanan Banten.

Sasaran Mataram setelah Surabaya jatuh adalah Banten yang ada di ujung Barat pulau Jawa. Akan tetapi posisi Batavia yang menjadi penghalang perlu diatasi terlebih dahulu oleh Mataram. Bulan April 1628 Kyai Rangga bupati Tegal dikirim sebagai duta ke Batavia untuk menyampaikan tawaran damai dengan syarat-syarat tertentu dari Mataram. Tawaran tersebut ditolak pihak VOC sehingga Sultan Agung memutuskan untuk menyatakan perang.

Jadi, jawaban yang tepat D Sultan Agung.

 

Kumpulan Soal :

Tranding :  Sebutkan manfaat adanya kerja sama negara-negara anggota ASEAN dalam bidang pendidikan

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :