mengapa para pedagang nusantara yang telah berinteraksi dengan bangsa bangsa lain di kota kota dagang internasional menjadi kelompok sosial

mengapa para pedagang nusantara yang telah berinteraksi dengan bangsa bangsa lain di kota kota dagang internasional menjadi kelompok sosial yang paling berpengaruh atas kelompok lainnya di indonesia pada saat itu?

Jawaban

Pertumbuhan jaringan dagang internasional dan antar pulau melahirkan kekuatan politik di Nusantara. Artinya, kerajaan yang besar dan kuat akan menguasai wilayah-wilayah yang lebih luas di Nusantara. Kemudian merka mampu mengontrol politik wilayah sekitarnya.

Perhatikan pembahasan berikut !

Selama masa Hindu-Buddha, jaringan perdagangan dan budaya antar bangsa dan penduduk di pulau Indonesia juga tumbuh pesat. Hal ini karena terhubung oleh jaringan Laut Jawa hingga Kepulauan Maluku. Secara tidak langsung integrasi juga terjadi dengan jaringan ekonomi dunia. Komoditas penting yang menjadi barang dagang pada saat itu adalah kayu manis, cengkeh, dan pala.

Pertumbuhan jaringan dagang internasional dan antar pulau ini kemudian melahirkan kekuatan politik di Nusantara. Kelompok dagang atau kerajaan yang besar dan kuat akan memiliki pengaruh yang besar dalam hal wilayah kekuasaannya. Mereka juga dapat mempengaruhi dan mengontrol politik wilayah di sekitarnya.

Dengan demikian, Pertumbuhan jaringan dagang internasional dan antar pulau melahirkan kekuatan politik di Nusantara. Artinya, kerajaan yang besar dan kuat akan menguasai wilayah-wilayah yang lebih luas di Nusantara. Kemudian merka mampu mengontrol politik wilayah sekitarnya.

 

Kumpulan Soal :

Tranding :  Biji Nangka Mengandung Apa?

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :