tugu batu pada masa praaksara yang digunakan sebagai tempat memuja roh nenek moyang disebut

tugu batu pada masa praaksara yang digunakan sebagai tempat memuja roh nenek moyang disebut

a. menhir
b. dolmen
c. punden
d. waruga

Jawaban

Jawabannya adalah a. menhir

Menhir adalah batu tunggal, biasanya berukuran besar, yang ditatah seperlunya sehingga berbentuk tugu dan biasanya diletakkan berdiri tegak di atas tanah.

Menhir berasal dari bahasa Keltik, dari kata men (batu) dan hir (panjang) jadi artinya batu Panjang. Menhir biasanya didirikan secara tunggal atau berkelompok sejajar di atas tanah, tetapi pada beberapa tradisi juga ada yang diletakkan terlentang di tanah.

Pembuatan menhir telah dikenal sejak periode Neolitikum (mulai 6000 Sebelum Masehi). Beberapa menhir memiliki pahatan pada permukaannya sehingga membentuk figur tertentu atau menampilkan pola-pola hiasan. Menhir semacam ini dikenal sebagai menhir arca (statue menhir).

Menhir berfungsi sebagai monumen masa prasejarah sebelum masehi. Lokasi penemuan menhir tercatat di Eropa, Timur Tengah, Afrika Barat, India, Korea, serta Nusantara.

Para arkeolog melihat bahwa menhir digunakan untuk tujuan religius dan memiliki makna simbolis sebagai sarana penyembahan arwah nenek moyang. Dari penelitian-penelitian yang sudah banyak dilakukan dapat diketahui menhir berfungsi dalam penguburan dan upacara pemujaan.

Jadi, tugu batu pada masa praaksara yang digunakan sebagai tempat memuja roh nenek moyang disebut menhir.

 

Kumpulan Soal :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :