tuliskan nilai budaya masa praaksara yang ada pada masa sekarang

tuliskan nilai budaya masa praaksara yang ada pada masa sekarang, tuliskan juga persamaan dan perbedaan budaya tersebut minimal 4

Jawaban

Jawabannya adalah nilai agama, nilai gotong royong, nilai keadilan, dan nilai budaya bercocok tanam.

Berikut nilai-nilai budaya masa praaksara yang dapat menumbuhkan kesadaran bagi generasi sekarang:

1. Nilai Agama/Kepercayaan:

Masyarakat praaksara memiliki kepercayaan animisme dan dinamisme, yaitu kepercayaan terhadap roh halus dan makhlus halus serta benda-benda yang memiliki kekuatan ghaib lainnya. Mereka percaya ada kekuatan lain di luar kekuatan manusia yang mengatur kehidupan dunia, dimana kita sebagai manusia tidak dapat mengaturnya. Nilai agama yang ada pada masa sekarang sudah berkembang yaitu kepercayaan kepada Tuhan yang maha Esa sebagai pengatur kehidupan.

2. Nilai Gotong Royong:

Masyarakat praaksara hidup secara berkelompok. Mereka bergotong royong untuk mewujudkan tujuan bersama. Budaya gotong royong dapat terlihat dari peninggalan berupa bangunan-bangunan batu besar yang dibangun secara gotong royong. Nilai gotong royong tersebut masih bertahan hingga masa sekarang, contohnya adalah gotong royong dalam membangun gapura desa.

3. Nilai Keadilan:

Pada masa praaksara masyarakat membagi tugas sesuai dengan keahlian dan kemampuannya. Oleh karena itu, setiap orang memiliki hak dan kewajiban berbeda-beda. Contohnya, laki-laki yang umumnya memiliki kekuatan fisik lebih kuat dari pada wanita banyak melakukan pekerjaan berat seperti berburu.

Sementara itu, perempuan memiliki ketelitian dan keuletan yang lebih baik sehingga banyak di antaranya menjadi penenun. Pada masa ini, nilai keadilan juga masih bertahan, contohnya laki-laki bekerja sebagai kuli bangunan dan wanita bekerja sebagai tenaga admin.

4. Tradisi Bercocok Tanam:

Masyarakat praakasara memiliki cara untuk bisa bertahan hidup salah satunya adalah dengan bercocok tanam. Nilai budaya ini masih bertahan hingga sekarang, namun sudah lebih modern dan mengenal teknologi. Contohnya pada masa dahulu membajak sawah menggunakan tenaga sapi, pada maa sekarang menggunakan traktor.

Jadi, jawabannya adalah nilai agama, nilai gotong royong, nilai keadilan, dan nilai budaya bercocok tanam.

 

Kumpulan Soal :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :