Perkembangan revolusi industri mengahasilkan kemudahan dalam proses perekonomia. Inggris kala itu menjadikan bangsa jajahan sebagai pasar dan penyuplai dengan alasan

Perkembangan revolusi industri mengahasilkan kemudahan dalam proses perekonomia. Inggris kala itu menjadikan bangsa jajahan sebagai pasar dan penyuplai dengan alasan…

Jawaban

Tujuan Inggris adalah menjadikan bangsa jajahan sebagai pasar hasil industri dan penyuplai bahan baku, dengan alasan bangsa-bangsa Asia-Afrika saat itu masih lebih jauh terbelakang (belum modern dari Inggris) dan memiliki sumber daya alam yang melimpah.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Revolusi Industri adalah revolusi yang bermula di Eropa, yaitu di Inggris pada abad ke 18 M. Faktor yang mendorong Revolusi Industri di Inggris adalah perkembangan ilmu pengetahuan pasca aufklarung. Awalnya terjadi perubahan dalam penggunaan industri tekstil yang sebelumnya menggunakan hewan, menjadi menggunakan mesin, contohnya mesin pemintal benang, mesin tenun, dll.

Setelah Revolusi Industri, hasil produksi perindustrian Inggris naik dengan sangat tajam, dan Inggris juga terus membutuhkan bahan baku untuk industrinya. Akhirnya Inggris melakukan praktik penjajahan ke negara-negara di Asia-Afrika khususnya, tujuannya ialah menjadikan bangsa jajahan sebagai pasar hasil industri dan penyuplai bahan baku, dengan alasan bangsa-bangsa Asia-Afrika saat itu masih lebih jauh terbelakang (belum modern dari Inggris) dan memiliki sumber daya alam yang melimpah.

Dengan demikian, tujuan Inggris adalah menjadikan bangsa jajahan sebagai pasar hasil industri dan penyuplai bahan baku, dengan alasan bangsa-bangsa Asia-Afrika saat itu masih lebih jauh terbelakang (belum modern dari Inggris) dan memiliki sumber daya alam yang melimpah.

 

Kumpulan Soal :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :