Jelaskan kondisi masyarakat saat perang ketangguhan Ayam Jantan dari Timur terjadi!

Jelaskan kondisi masyarakat saat perang ketangguhan Ayam Jantan dari Timur terjadi!

Jawaban

Ayam Jantan dari Timur adalah Sultan Hasanuddin dari Kerajaan Gowa di Sulawesi. Kondisi masyarakat saat perang ketangguhan Ayam Jantan dari Timur terjadi adalah VOC memaksakan kegiatan monopoli mereka di Makassar, monopoli banyak menyebabkan kerugian pada masyarakat pribumi disana. Selain itu rakyat dilarang membeli rempah-rempah dari Maluku, yang membuat rakyat keberatan.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Sultan Hasanuddin adalah Sultan Gowa ke-16. Setelah menaiki tahta, ia mendapat gelar Sultan Hasanuddin Tumenanga Ri Balla Pangkana, dan dikenal dengan nama Sultan Hasanuddin. Saat masa kepemimpinannya, beliau mendapat julukan Ayam Jantan dari Timur karena keberaniannya melawan penjajahan VOC Belanda yang memaksakan kegiatan monopoli mereka di Makassar, monopoli banyak menyebabkan kerugian pada masyarakat pribumi disana. Selain itu rakyat dilarang membeli rempah-rempah dari Maluku, yang membuat rakyat keberatan.

Sultan Hasanuddin mengawali perlawanan dengan VOC pada tahun 1660. Di bawah komando Sultan Hasanuddin, pasukan Kerajaan Gowa yang terkenal dengan ketangguhan armada lautnya mulai mengumpulkan kekuatan bersama kerajaan-kerajaan kecil lainnya untuk menentang dan melawan VOC. Pertempuran hebat terus terjadi. Akhirnya, setelah tak kuat menahan gempuran dari VOC dan pasukan Kerajaan Bone, Sultan Hasanuddin pun dipaksa menandatangani Perjanjian Bongaya pada 18 November 1667.

Perjanjian tersebut Sultan Hasanuddin harus mengakui monopoli VOC yang selama ini ia tentang dan wilayah Kerajaan Gowa pun dipersempit. Akan tetapi, Perlawanan-perlawanan masih terjadi pascaperjanjian, namun pasukan Sultan Hasanuddin kalah sehingga VOC masih mendominasi di wilayah Sulawesi Selatan.

Dengan demikian, Ayam Jantan dari Timur adalah Sultan Hasanuddin dari Kerajaan Gowa di Sulawesi. Kondisi masyarakat saat perang ketangguhan Ayam Jantan dari Timur terjadi adalah VOC memaksakan kegiatan monopoli mereka di Makassar, monopoli banyak menyebabkan kerugian pada masyarakat pribumi disana. Selain itu rakyat dilarang membeli rempah-rempah dari Maluku, yang membuat rakyat keberatan.

Tranding :  apa arti harmoni dalam keberagaman masyarakat Indonesia

 

Kumpulan Soal :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :