terjadi persaingan antara uni soviet dan America yang biasa disebut perang dingin

pasca berakhirnya perang Dunia 2, terjadi persaingan antara uni soviet dan America yang biasa disebut perang dingin. perang dingin adalah…

Jawaban

Perang dingin adalah sebuah persaingan ideologi yang terjadi antara Amerika Serikat dan Uni Soviet dalam memperebutkan pengaruh negara-negara lain.

Berikut penjelasannya ya.

Perang dingin adalah sebuah persaingan ideologi yang terjadi antara Amerika Serikat dan Uni Soviet dalam memperebutkan pengaruh negara-negara lain. Peristiwa ini dimulai setelah keberhasilan Sekutu dalam mengalahkan Jerman Nazi di Perang Dunia II, yang kemudian menyisakan Amerika Serikat dan Uni Soviet sebagai dua negara adidaya di dunia dengan perbedaan ideologi, ekonomi, dan militer yang besar. Perbedaan ideologi tersebut berupa ideologi liberalisme yang dianut oleh Amerika Serikat sedangkan Uni Soviet menganut ideologi komunisme.

Persaingan antara kedua negara tersebut menyebabkan munculnya berbagai aliansi militer akibat persaingan antara Amerika Serikat dan Uni Soviet. Amerika Serikat membentuk aliansi militer NATO pada tahun 1949, sedangkan Uni Soviet juga membentuk Pakta Warsawa pada tahun 1955.

Beberapa negara memilih untuk memihak salah satu dari dua negara adidaya ini, sedangkan Indonesia memilih untuk tetap netral dengan tidak memihak pada salah satu blok yang ada. Hal tersebut dibuktikan dengan tidak bergabungnya Indonesia pada aliansi militer SEATO yang dibentuk oleh Amerika Serikat di Asia Tenggara ataupun aliansi militer yang dibentuk oleh Uni Soviet.

 

Kumpulan Soal :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :